Minggu, 08 November 2009

10 konsep marketing

SATU: LOVE YOUR CUSTOMER, RESPECT YOUR COMPETITOR.

Cintailah customer anda. Masak anda mau menjual barang yang jelek. Seperti Nabi Muhammad yang digelari Al Amin yang artinya Mr Trusty, Mr Honest. Nabi itu, ketika ada pedagang yang menyembunyikan kayu basah di bawah, mengatakan kayu basah harus disimpan di atas. Ini menunjukkan bahwa spiritual marketing itu sudah dimulai sejak zaman Nabi. Kalau anda tidak love your customer mereka akan memusuhi anda. Respect
your competitor, lihat Nabi! Terhadap musuh-musuhnya, even orang yahudi yang meninggal ia tetap menghormati karena Yahudi tetap manusia kendati ia
musuh kita. Jadi bersaing ya bersaing tapi jangan sampai menjatuhkan. Karena competitor itu kan sama-sama membangun industri.

KEDUA: BE SENSITIVE TO CHANGE, BE READY TO TRANSFORM

Kita harus selalu sensitif terhadap bisikan dari atas. Lihat tanda-tanda zaman kalau memang harus berubah ya berubah. Seperti Nabi Nuh dulu dibisikin Tuhan supaya membuat persiapan menjelang banjir. Lalu Nabi melakukan persiapan. Jadi kalau ada perubahan situasi ya harus berubah.

KETIGA: GUARD YOUR NAME BE CLEAR WHO YOU ARE

Anda harus memiliki nama. Seperti yang dikatakan Aa Gym, dagang itu nama. Kalau anda sudah bisa dagang tanpa nyogok orang tidak akan meminta sogokan juga. Seperti kita (MarkPlus & Co) tidak pernah nyogok untuk mendapatkan proyek. Akhirnya orang akan menerima kita. Ya wis, Mark Plus nggak perlu apa-apa.

KEEMPAT: CUSTOMERS ARE DIVERS GO FIRST TO WHO REALLY NEED YOU

Customers itu macam-macam. Anda harus pergi ke orang yang benar-benar membutuhkan anda. Kalau tidak butuh jangan dijualin. Jangan membujuk orang. Marketing kan sering dituduh membuat orang konsumtif. Tidak perlu barang itu dibujuk-bujuk. Itu jelas tidak baik.

KELIMA: ALWAYS OFFER A GOOD PRODUCT AT A FAIR PRICE

Jadi produk yang bagus harus diberi harga seimbang. Kalau jelek jangan bujukin orang.

KEENAM: BE ALWAYS AVAILABLE AND SPREAD THE GOOD NEWS

Itu prinsip promosi sebenarnya. Anda harus selalu ada kalau orang membutuhkan anda. Pemberitaan itu harus kabar gembira terus jangan ngancam-ngancam. Orang dagang itu sebenarnya jangan ngancam pakai katabelece segala.

KETUJUH: GET YOUR CUSTOMERS AND KEEP GROW THE BUSINESS WITH THEM

KEDELAPAN: WHAT EVER YOUR BUSINESS IS A SERVICE BUSINESS
Pelayanan itu ibadah

KESEMBILAN: ALWAYS REFINE YOUR PROCESS IN TERM OF QUALITY, COST AND
DELIVERY

Selalu usahakan meningkatkan kualitas, menurunkan cost supaya customers juga ikut menikmati dan delivery makin lama harus on time.

KESEPULUH: GATHER RELEVAN INFORMATION BUT MAKE DECISIONS BASES ON YOUR
WISDOM

Kumpulkan informasi sebanyak mungkin tapi keputusan terakhir berdasarkan hati nurani

Salam
Hermawan Kertajasa