Kamis, 06 Agustus 2009

Therapy; Trauma, Phobia & Limiting Belief

Assalamu'alaikum wr.wb
Apa itu Trauma ?

Banyak orang menyebut dirinya mengalami trauma. Setelah mengalami kecelakaan jadi tidak berani lagi menyetir karena trauma. Atau putus cinta, lalu trauma dan tidak berani menjalin hubungan serius lagi. Sebenarnya apa arti trauma?
Secara sederhana trauma bermakna luka atau kekagetan (shock). Dalam artian psikologis trauma mengacu pada pengalaman-pengalaman emosional yang mengejutkan, menyakitkan dan membawa dampak serius, tidak jarang untuk jangka waktu lama.

Sejauh mana orang dapat hidup normal kembali setelah trauma? Apakah trauma bisa disembuhkan (dihilangkan) ?

Beda Takut dengan Fobia

Merasa takut adalah hal yang alami. Ketakutan itu muncul ketika kita berhadapan dengan hal yang mengancam keselamatan dan hidup kita, seperti binatang buas, senjata tajam atau arus lalu lintas yang sangat ramai. Rasa takut memang dibutuhkan karena membuat kita tetap waspada dan siap bertindak untuk menghindar dari bahaya.

‘Fobia adalah ketakutan yang luar biasa dan tanpa alasan terhadap sebuah obyek atau situasi yang tidak masuk akal,” kata Dr Nicholas Keks, profesor Departemen Peskiatri di Monash University, Australia, yang mengambil spesialis penanganan fobia.

“Fobia sebetulya adalah salah satu bentuk gangguan jiwa ringan. Saat berhadapan dengan situsi atau obyek yang mengganggu keyamananya, penderita fobia bisa gemetar, berkeringat dingin, jantungya berdebar keras, terkena serangan panik, bahkan mungkin sampai jatuh pingsan.”
( Dr H.Tubagus Erwin Kusuma,SpKJ (K) psikiater dari Pro V clinic jakarta)

Apakah Fobia bisa disembuhkan ?

Apa itu Limiting Belief

Belief adalah seuatu yang anda percaya dan anggap Benar. Sementara Limiting belief sesuatu yang kta rasakan saat ada penolakan atau hambatan untuk mencapai suatu target yang anda inginkan. Penolakan ini juga timbul saat kita ingin berubah. Biasa juga disebut dengan (Mental block)

Contoh keyakinan yang menghambat ;

Saya tidak bisa menjadi penulis buku karena saya bukan lulusan perguruan tinggi

Saya ingin berwiraswasta tapi tidak bisa karena saya sudah terlalu tua.

Apakah Limiting Belief bisa dirubah (Ganti) ?

Note; Trauma,Phobia dan Limiting belief bukanlah sesuatu hal yang negative atau buruk. Namun apakah menjadi efektif atau tidak efektif sangat tergantung pada KONTEKS nya…..

RAHMADSYAH, C.MNLP
Motivator & Trauma Therapist
081511448147
YM;rahmad_aceh
www.rahmadsyah.co.cc