Senin, 03 Agustus 2009

Social Skill for Kids

Bagaimana Mengajarkan Ketrampilan Sosial Kepada Anak Anda?

Sebagian besar orang menyadari kesuksesan dalam kehidupan seseorang, maupun itu dalam profesi atau pribadi, memerlukan ketrampilan sosial. Seorang yang sukses, seperti yang anda tahu, secara umum mereka sadar diri dan tahu bagaimana memahami dan bekerja efektif dengan yang lain. Keterampilan bersosialisasi dibutuhkan dalam persahabatan, kehidupan sekolah, komunitas kehidupan dan pada akhirnya dalam kehidupan bekerja.

Baru-baru ini para ahli telah mengatakan ketrampilan sosial anak kita mengalami kemunduran apalagi di jaman high technology seperti sekarang. Peran teknologi pada kehidupan anak kita begitu besarnya dan ini menyebabkan penurunan korespondensi dalam interaksi sosial.

Jadi, bagaimana mempersiapkan dan mengajarkan anak kita keterampilan sosial yang mereka butuhkan dalam kehidupannya. Disini ada 4 tips yang bisa anda mulai lakukan:

1. Anak belajar dengan melihat apa yang anda lakukan, bukan dengan apa yang anda katakan. Cara ini sangatlah efektif. Anda bisa menggunakan setiap kesempatan dengan anda mencoba untuk memahami orang lain, sebagai contoh. Anda dapat melakukan dengan demonstrasi, apa yang anda pikir tentang perasaan orang lain, bagaimana anda mencoba untuk menempatkan diri anda dalam posisi orang lain, untuk memahami lebih baik bagaimana dunia melihat dari perspektif berbeda, bagaimana anda berpikir dengan hati2 tentang apa yang anda katakan terhadap seseorang dan mencoba mengantisipasi bagaimana mereka akan bereaksi atas ucapan anda.

2. Jelaskan kepada anak anda, bagaimana dan mengapa anda melakukan yang seperti dijelaskan diatas. Tanyakan kepada anak anda bagaimana mereka dapat melakukannya dengan lebih baik.

3. Ketika anak anda bersitegang dengan anak yang lain, luangkan waktu untuk mendiskusikannya bersama. Berdirilah di posisi berlawanan untuk membantu anak anda untuk melihat masalah itu dari sudut pandang yang berbeda. Dengan begitu mereka dapat bercermin atas perbuatannya.

4. Bantulah anak anda untuk memberanikan diri untuk mengekspresikan apa yang mereka suka atau tidak suka kepada anak lain, mendiskusikan dengan mereka bagaimana perasaan mereka jika mereka bersikeras. Ketika anak anda siap, anjurkanlah mereka untuk kembali dan mendiskusikan persoalan tersebut dengan temannya dan menyelesaikan ketegangan antara mereka.

5. Berilah pujian atau penghargaan untuk anak anda ketika mereka berbuat benar. Anak belajar lebih efektif dari pujian dan penghargaan, dibandingkan dengan hukuman dan celaan.

Artikel ini diterjemahkan dari: How to teach your child social skills – Diambil dari kumpulan artikel MindLab International.

(Mindlab adalah program terkemuka dan terpercaya yang mengajarkan keterampilan berpikir, sosial dan emosional untuk anak-anak 4 – 14 tahun. Lebih dari 2 .000.000 siswa di 30 negara-negara internasional telah mendapatkan manfaat dari program Mindlab.)

Hubungi Mindlab untuk informasi lebih lanjut:
MindLab Serpong
Ruko Bidex Blok H/12
BSD City (Seberang Ocean Park)
Tel. 021-53150133
www.mindlabindonesia.com