Minggu, 02 Agustus 2009

Misteri hidup dari energi mekanik

Rumus atau persamaan mekanik (berhubungan dengan hukum kekekalan energi) :
Em = Ep + Ek

Keterangan:
Em = energi mekanik
Ep = energi potensial
Ek = energi kinetik

(HKE) Hukum Kekekalan Energi (yang tentu saja tetap fana) sebab yang kekal itu adalah Allah semata, menyatakan bahwa Energi di alam semesta ini berjumlah tetap. Atau dalam bahasa fisikanya saya sebut saja EM (Energi Mekanik) suatu benda itu “relatif” tetap.

Saya katakan HKE disini nilainya tetap bukan kekal karena interpretasi dari HKE adalah EM yang nilainya tetap. In fact, EM setiap benda itu berbeda karena setiap benda itu mempunyai massa yang beda, HKE tetap itu dalam artian sama bendanya.... !

Apa pasal saya katakan relatif, karena saya tidak tahu pasti seberapa besar jumlahnya, dan karena besar dari EM ini juga tergantung dari EP (Energi Potensial) dan EK (Energi Kinetik) dari partikel itu. So saya katakan itu relatif ”TETAP”.

Begitupun dengan kita sebagai manusia, memiliki EM nya masing-masing. Ada yang Allah takdirkan memiliki EM yang besar dan ada juga yang Allah takdirkan memiliki EM yang sedang atau kecil. Yang jelas TOTAL nilai EM setiap individu yang ada di dunia (populasi EM) relatif tidak akan melebihi nilai Total Energi yang tersedia di alam semesta.

Artikel selengkapnya ada di http://gagus-ketut.blogspot.com
Salam Sinergi
Gagus Ketut