Senin, 05 April 2010

Tak Ada Waktu 'tuk Banyak Bicara

Tinggalkan debat kusir dan jangan terlibat dalam diskusi yang tidak ada ujung pangkalnya tentang masalah yang bersifat mungkin. Hal itu akan membuat hati menjadi sempit dan nurani menjadi kotor. Janganlah engkau memaksakan satu pendapat pada orang lain. Tetapi, keluarkanlah idemu dengan santun, tenang, tidak tergesa-gesa dan tidak mengumpat.

Jauhilah banyak membantah dan banyak mengritik. Hal itu akan membuat ketenangan hatimu hilang dan membuat citramu tidak baik. Ucapkanlah kalimat yang sopan dan penuh cinta jika kamu ingin menarik hati dan jiwa orang lain.

Beberapa hal yang seringkali menyebabkan kesedihan dan kegundahan adalah menganggap orang lain tidak ada, menekan mereka, mencela mereka dan meremehkan mereka. Hal-hal tersebut dapat menghilangkan pahala, dapat mengumpulkan dosa untukmu dan menimbulkan perasaan tidak tenang.

Karenanya, sibukkanlah dirimu dengan membenahi aibmu ketimbang mencari-cari aib orang lain. Sesunguhnya Allah tidak menciptakan kita sempurna dan terjaga dari dosa. Setiap kita pasti menanggung dosa dan aib sendiri-sendiri. Berbahagialah mereka yang sibuk memperbaiki diri sendiri ketimbang repot memperhatikan dan mencari aib orang lain.