Senin, 05 April 2010

So Easy to Get Happiness

Bagaimana kabar sahabat hari ini?

Di hari yang indah, mungkin ada sahabat yang sedang gembira karena baru saja mendapatkan rezeki atau menikmati hari yang penuh arti.

Di hari yang indah ini, mungkin juga ada diantara sahabat yang sedang berduka karena tertimpa musibah

Kegembiraan dan duka kesedihan adalah hal yang wajar terjadi dalam hidup kita.
Dengan Kegembiraan kita bisa menikmati indahnya kehidupan.
Dengan Kesedihan kita bisa menyadari bahwa bahwa kenikmatan dunia pun juga sesaat saja.

Namun dibalik kegembiraan dan kesedihan yang kita rasakan

Sudahkah kita bersyukur, atas keduanya?

Mungkin suatu hal yang wajar ketika manusia bersyukur ketika mendapatkan kegembiraan
Akan tetapi ketika duka kesedihan melanda, sudahkah kita bersyukur pula atas apa yang ada, karena walau kedukaan melandaa saat ini namun ketika sahabat masih mampu membaca tulisan ini yang sederhana, bukankah itu berarti masih ada nafas kehidupan yang wajib kita syukuri bukankah itu berarti masih ada peluang diri kita untuk mendapatkan kebahagiaan sejati dalam hidup ini.

Oleh karena itu marilah kita berterima kasih kepada Nya atas apapun yang kita dapatkan di pagi ini baik itu kesenangan maupun kedukaan.

Karena kebahagiaan sejati justru ketika kita mampu menerima kesenangan dan kedukaan dengan keikhlasan penuh kesyukuran.

Entah kenapa tiba-tiba saya teringat dengan seorang guru yang pernah memberikan nasehat kepada murid-muridnya.

Dalam nasehatnya sang Guru berkata:

Wahai murid ku Jika dirimu ingin bahagia maka lakukanlah 3 hal ini :

1. Syukur
==========

Bersyukurlah kepada Allah atas apapun yang engkau dapatkan setiap harinya, bahkan ketika itu adalah musibah. Karena dirimu tidak pernah tahu hikmah dibalik musibah. Bisa jadi musibah malah menjadi berkah nantinya.

Tidak sedikit orang yang terkena musibah malah itu menjadi hidup baru baginya. Tidak sedikit orang yang terkena musibah malah membuat dia kembali kepada Tuhannya.

"Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui"

Oleh karenanya bersyukurlah atas apapun yang kamu terima selama hidup di dunia,walau itu dengan memuliakan namanya dalam zikir sebelum aktifitas pagi engkau mulai.

2. Senyum

==========

Setelah dirimu bersyukur atas nikmat maupun duka yang ada. Maka jalinlah silaturahim dengan saudaramu. Dan Senyuman adalah sarana sederhana untuk mengikat tali silaturahim dengan orang yang melihat dirimu di pagi hari.

Ketika dirimu melangkah keluar rumah, biarkanlah senyuman dirimu memancarkan aura kebahagiaan kepada siapapun yang engkau temui.

Oleh karena itu maka Tersenyumlah , karena itu akan mempererat persaudaraan dengan siapapun yang engkau jumpa hari ini, dan bukankah silaturahim itu kelak menjadi sumber pemudah rizki yang akan datang kepadamu.

3. Sedekah
===========

"Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih," demikian Tuhan kita telah berkata didalam kitab-Nya

Ketika telah bersyukur dan silaturahim, maka lanjutkanlah dengan bersedekah dengan apapun yang kamu punya secara berkala. Lakukan setiap hari sehingga membuat rasa syukur mekar dan berkembang menjadi rasa bahagia

Mulailah sedekah dengan cara yang sederhana. Selembar uang yang dikirimkan melalui kotak amal secara berkala sebelum aktifitas dunia semoga itu menjadi permudah rizkimu nantinya.

Atau bahkan ketika tak selembarpun uang yang kau miliki hari ini, maka sungguh niatmu untuk bersedekat pastilah telah tercatat sebagai amalan oleh Sang Pencipta.

Teringat nasehat sang guru saya semakin yakin betapa indahnya hidup ini.
Kenikmatan dan Kedukaan adalah salah satu proses kehidupan.

Bersyukur sudah patut kita lakukan dalam keadaan suka maupun duka karena itu adalah suatu kunci kebahagiaan yang mudah dan nyata.

Bukankah Allah akan bahagia dengan orang-orang yang masih mau bersedekah disaat kesulitan menerpa?

Karena ketika mereka masih bersyukur dengan nikmat yang masih ada maka dengan bersyukur itulah pasti Allah akan menambah nikmat kepada mereka.

Mari kita biarkan aplikasi sederhana rasa syukur, sedekah serta senyuman senantiasa terpancarkan dalam hari-hari indah menatap kehidupan.


Salam berbagi senantiasa
A. Setiawan