Senin, 02 Mei 2011

Terlahir Miskin Itu Berkah

“Assalamu'alaikum…!” seseorang berteriak di depan rumah saya di Cibubur.

“Wa’alaikumsalam...” sahut saya sambil beranjak menuju pintu pagar.

Weis! Ternyata etek saya dari Padang yang dateng. Buset. Dia datang sendirian loh, padahal umurnya udah tua banget. Dan dia dateng ke rumah naik ojek, pasti dia udah mampir ke rumah anaknya di cileduk, pikir saya.

“Masuk Tek,” kata saya sambil membantu mengambil sebagian bawaannya ke dalam rumah, dari Cileduk ya Tek?”

“Indak. Etek dari kampung naik bis, terus dari terminal Kampung Rambutan Etek naik ke ojek ke sini.”

“Hah!! Etek naik bis sendirian dari Padang ke sini? Sumpe lo Tek?” Saya kaget bukan main. Dulu memang dia sering naik bis ke Jakarta tapi selalu ditemani anaknya. Lagipula dulu kan dia masih muda jadinya masih kuat badannya. Tapi sekarang? Udah lebih dari 70 tahun kali.

“Iya sendirian. Anak-anak Etek udah pada kerja jadi ga bisa nganter Etek.”

“Gile! Kan Etek udah tua? Sekarang umur Etek berapa?” tanya saya penasaran.

“Bulan depan etek pas 85 tahun.” sahutnya dengan suara biasa.

“Waaaaaa…Etek 85 tahun masih naik bisa sendirian dari Padang ke Jakarta?”

Saya jadi merenung sendiri. Hebat ya Etek saya ini? Coba bandingin sama anak muda jaman sekarang? Mana ada yang kuat naik bis sejauh itu? Orang jaman sekarang mah udah jarang bergerak, soalnya takut panas. Di rumah mereka pake AC, di mobil pake AC, di kantor pake AC. Udah gitu banyak orang jaman sekarang yang ga suka olahraga, kalo udah sakit gara-gara kurang bergerak baru deh pada ngegym. Kalo udah pada tua dan sakit-sakitan baru deh pada jogging atau Wai Tan Kung.

“Kok Etek kuat sih? Emang ga capek nak bis sejauh itu?”

“Capek sih capek, tapi Etek mau ziarah ke makam ibu kamu. Udah berapa tahun Etek ga nyekar. Mumpung badan masih kuat ya Etek datang ke sini.”

“Kalo saya mah ogah ke Padang naik bis. Mending naik pesawat.” sahut saya.

“Iya kamu anak kota, mana pernah hidup susah?” kata Etek. “Dari kecil Etek hidup susah. Orangtua Etek miskin. Etek ke sekolah harus jalan kaki 3 jam dari rumah ke Ombilin.”

“3 jam jalan kaki? Kenapa ga naik angkot?”

“Kami indak ado piti (ga ada uang), jadi jalan kaki saja. Dari Sekolah Rakyat sampe SMKK, Etek jalan kaki ke sekolah 3 jam. Jadi 6 jam jalan kaki termasuk pulangnya. 12 tahun Etek jalan kaki seperti itu.”

Kembali saya merenung. Etek tiap hari jalan kaki 6 jam sehari. Yang saya renungkan adalah: Apakah itu nasib sial? Saya rasa tidak! Bukankah gara-gara tiap hari jalan kaki 6 jam selama 12 tahun itu yang membuat badannya masih kuat sampai sekarang? Tanpa dinyana Tuhan telah memberi latihan fisik yang intens pada Etek ini. Dia ga butuh jogging, ngegym apalagi main golf. Badannya masih kuat sampe berusia 85 tahun. Subhanallah!

Banyak orang merasa dirinya menderita, merasa hidupnya miskin, merasa sengsara. Saya sendiri kadang suka iri sama kesuksesan temen-temen sementara nasib saya begini-begini aja. Ampuni hambaMu ya Allah. Saya tau kok bahwa iri pada rejeki orang lain sama saja dengan meragukan keadilan Tuhan. Astaghfirulah! Padahal kalo kita mau ngeliat dari sudut pandang yang lain, kita bisa mengubah bencana menjadi berkah. Apa yang terjadi pada Etek ini adalah bukti yang saya lihat dengan mata kepala saya sendiri.

Kemudian soal hidup miskin. Saya dilahirkan pas ketika ayah saya pensiun. Padahal orangtua saya punya 7 anak ya karuan lah kami jadinya hidup miskin. Dulu saya sering menyesalkan orangtua saya, kenapa kok miskin? Apalagi saya banyak temen yang oratuanya kaya…wah saya jadi sering menyesalkan nasib saya sendiri, kenapa kok bisa terlahir dari keluarga miskin. Waktu SD pun saya suka iri ngeliat temen-temen pada jajan, sementara saya nyaris ga pernah dikasih uang jajan setiap kali mau ke sekolah.

Tapi seiring jalannya waktu saya bisa mengintrospeksi diri. Saya sekarang justru mensyukuri terlahir miskin. Kenapa? Karena saya jadi menghargai setiap sen uang yang saya terima. Apalagi kalo uang itu saya peroleh dari keringat sendiri. Misalnya saya pernah bantuin kakak saya Alan Hakim jadi loper koran. Supaya bisa punya uang jajan, kakak saya bekerja sebagai agen koran. Nama korannya ‘PEDOMAN’ (mau nyaingin Kompas kali maksudnya). Jadi kakak saya agennya, saya dan kakak saya lainnya jadi lopernya. Kami nganter koran ke rumah-rumah sekitar Bendungan Hilir dan Pejompongan.

Nah setiap kali kakak saya ngasih uang upah jadi loper wah…saya bahagia banget. Uangnya saya cium-cium padahal baunya apek (mungkin pernah dikantongin sama tukang becak) tapi saya ga peduli. Buat saya uang hasil keringat sendiri harum baunya.

Sekarang bandingin dengan anak orang kaya

Mereka selalu dikasih uang sama orangtuanya. Mereka selalu dibelikan mainan setiap kali minta. Mereka hampir ga pernah merasa kekurangan. Lalu? Apa pelajaran hidup yang mereka terima? Menjadi orangtua kaya ternyata ga lebih mudah loh daripada jadi orangtua miskin. Kalo kita terlahir miskin, kita langsung tau problemnya. Problemnya adalah kita miskin, solusinya adalah kita harus kerja keras melawan kemiskinan itu. Tapi untuk orang kaya? Boro-boro nyari solusi, problemnya aja mereka ga pernah tau. Jadi bersyukurlah kalo kita terlahir miskin hehehehehe…

“Etek nginep 2 hari di sini ya Bud?” Tiba-tiba suara Etek mengagetkan saya.

“Mau 2 bulan juga boleh.” jawab saya sambil menepuk pundak Etek.

“Ga bisa 2 bulan. Lusa Etek harus ke rumah anak Etek yang di Batu. Dia baru buka warung Padang di depan rumahnya.” jelas Etek.

“Batu? Jalan Batu? Gambir?” tanya saya.

“Hahahaha…Batu itu kota kecil deket Malang. Anak Etek kan tinggal di sana ikut suaminya.”

“HAH?? Malang Jawa Timur?”

“Ya iya Malang di Jawa Timur. Kamu ga lulus pelajaran georafi ya?

“Terus Etek naik apa ke sana? Sama siapa?”

“Sendiri naik bis. Kenapa? Mau nganter Etek?”

“Kalo kesasar gimana?”

“Indaklah. Anak Etek kan jemput di Terminal.” sahut Etek lagi kalem.

Ampun nih si Etek! Kuat banget badannya ya? Saya naik bis dari Kampung rambutan ke Blok M aja rasanya capek banget.

Besok lusanya Etek pun pamit dari rumah saya. Sebelom berangkat saya kasih uang Rp 500 ribu buat nambah-nambah ongkos. “Ini Tek buat ongkos di jalan.”

“Heh! Ngapain kasih Etek uang? Etek masih ada uang.” Di luar dugaan Etek menolak pemberian saya.

“Kok dikasih uang nolak, kan lumayan bisa nambah-nambah beli oleh-oleh buat anak?”

“Etek ga mau minta-minta. Kita harus bersyukur sama yang sudah dikasih Allah ke kita. Kalo suka minta-minta kita jadi suka males kerja, males usaha, selalu merasa ga cukup”

“Jadi Etek nolak nih?”

“Bukan nolak, nanti kalo Etek terpaksa pasti Etek minta bantuan sama kamu. Suka minta-minta bikin mental kita jadi seorang peminta-minta yang indak ada bedanya sama pengemis.”

“Tapi kan ini Etek ga minta. Saya sendiri yang mau ngasih ke Etek.” debat saya.

“Tapi nanti Etek jadi kebiasaan, takutnya tiap ke Jakarta Etek ngarepin uang dari kamu, akhirnya sama saja hasilnya, Etek jadi peminta-minta.”

Ampun deh si Etek ini.

Semoga kita bisa mengambil pelajaran dan senantiasa bersyukur dengan apa yang telah diberikan Tuhan kepada kita.

Salam
Omjay

Tidak ada komentar: