Selasa, 10 Mei 2011

Guru

"...the true teacher is not the one who teaches us the ideal path, but the one who shows us the many ways of reaching the road we need to travel if we are to find our destiny." -Paulo Coelho-

Tapi apakah sebenarnya arti guru itu? Untukku semua orang yang aku jumpai adalah guru, ketika ia dapat memberikan hikmah, pelajaran, sekecil apapun itu.

Guru bukanlah orang yang dipuja-puji karena tahu semuanya. Bisa jadi murid belajar pada guru tersebut karena ketidaktahuannya. Murid jadi belajar bahwa mencari kebenaran itu tidak pernah berhenti.

Guru juga bukanlah yang ditiru begitu saja karena tidak pernah salah. Murid juga bisa belajar dari kesalahan guru. Ia jadi tahu bagaimana harus memperbaiki kesalahan, dan bertanggung jawab atas kesalahan yang telah ia buat.

Seorang penulis yang inspiratif, Coelho, banyak sekali menuliskan tentang guru. Salah satunya sudah membuka tulisan ini. Ada lagi yang lain:

"What is a teacher? I'll tell you: it isn't someone who teaches something, but someone who inspires the student to give of her best in order to discover what she already knows."

Ya, guru bukan sekadar orang yang mengajarkan ini itu kepada muridnya, tetapi orang yang membentuk sifat pembelajar hidup yang utuh pada anak didiknya.

Mudah-mudahan tidak berujung pada kata-kata kosong belaka.
Semoga

Salam
Dhitta Puti Sarasvati

Tidak ada komentar: