Kamis, 19 Februari 2009

Always Coca Cola!

Coca Cola jaman sekarang tidak mengandung Cocaine sama sekali. Menurut Wikipedia, pada awal Coca Cola dibuat tahun 1885, memang cocaine/kokain yang diperoleh dari daun coca merupakan salah satu bahan yang dipakai selain bahan lain. Jumlahnya 9 miligram kokain pergelas Coca Cola. Tahun 1891, jumlahnya dikurangi menjadi 1/10 nya. Karena berbagai temuan tentang efek yang berbahaya dari kokain maka tahun 1903 kokain sama sekali dihilangkan dalam Coca Cola.
Meskipun tidak ada sama sekali kokain dalam Coca Cola, Coca Cola sampai hari ini masih menggunakan ekstrak daun coca yang bebas dari kokain. Hanya ada satu perusahaan di AS yang memiliki ijin resmi untuk mengimpor coca dari Peru dan Bolivia (dimana di sana daun coca dipakai untuk sayur) bagi coca cola dan kebutuhan medis, yaitu Stepan Company.
Memang ada kecurigaan bahwa Coca Cola masih mengandung kokain. Tetapi rasanya kalau memang benar ada, pasti konsumen di AS duluan yang akan dengan senang hati melakukan class action dan meminta ganti rugi yang jumlahnya pasti membahayakan keuangan perusahaan. Minum sinom daun asam saja.
Penggemar coca cola:
Ines Setiawan