Kamis, 15 Januari 2009

IPM "Memori di Hari Ibu"

Tahu IPM 'kan? Indeks Pembangunan Manusia (IPM) / Human Development Index (HDI) adalah ukuran kemajuan suatu bangsa/negara. Komponennya adalah pendidikan, kesehatan dan daya beli. Angka IPM untuk Indonesia tidak dapat dibanggakan, kalo tak salah peringkat ke 108, bandingkan dengan Malaysia yang peringkat ke 61. Perlu kerja keras untuk menjadikannya lebih baik.
Nah, peran Ibu sungguh penting dalam hal ini:
1. Pendidikan.
Ibu adalah guru pertama, sekolah pertama bagi anaknya. Setiap anak perlu mendapat rangsangan dan motivasi yang baik untuk belajar pada pada tahun-tahun awal kehidupannya, agar perilaku belajarnya baik. Siapa yang paling tepat untuk melakukannya? Ibu! Demikian pula setelah sekolah, setiap anak memerlukan dorongan dan dukungan sepanjang jalan pendidikan yang ditempuhnya di sekolah, terutama pada saat-saat ia merasa kesulitan. Siapa yang biasa memainkan peran ini? Ibu! Lihat saja, tak banyak Bapak-Bapak yang datang ke sekolah mengantarkan anaknya, menunggui, ikut kegiatan dialog dengan sekolah, mengambil rapot di akhir semester. (Tentu bukan karena tak peduli,...)
2. Kesehatan
Mulai dari proses mengandung, Ibu sudah berperan dalam kesehatan anaknya. Ibu yang makan makanan sehat berarti memberikan yang baik untuk bayinya. Demikian pula ketika dalam masa menyusui. Mutu ASI sangat bergantung pada konsumsi Ibu. Lalu, setelah anak-anak besar, biasanya Ibu pula yang bertanggung jawab atas penyediaan pangan keluarga. Sehat? Halal? Aman? Mutu pangan menentukan tingkat kesehatan 'kan? Dan, jika anak sakit, siapakah yang mengurus segala sesuatunya? Biasanya Ibu...
3. Daya Beli/Ekonomi
Hm, menteri keuangan keluarga biasanya Ibu..
Keamanan ekonomi keluarga sangat bergantung bagaimana kepiawaian Ibu mengelola pendapatan keluarga. Ibu mesti pandai mengatur dan berhemat. Uang sebanyak apa pun bisa habis dalam sekejap jika keluarga tak punya rencana dan tak punya skala prioritas dalam pengeluaran uang. Ibu yang baik juga akan mendorong suami juga untuk bekerja dengan baik dan mencari rejeki yang halal. Apalagi jika Ibu pandai menambah pendapatan keluarga dengan kemampuannya, maka makin baiklah daya beli dan status ekonomi keluarga.
Jadi, kalau mau naikkan IPM, pintarkanlah ibu-ibu...!
Selamat Hari Ibu!
Lisda