Rabu, 07 Januari 2009

e-Exam


e-Exam (World Class Online Test) adalah produk yang akan membantu pengefisien waktu, biaya, bagi para pengelola dunia pendidikan, HRD perusahaan, perusahaan outsourcing, dan Recruitment Services.

e-Exam merupakan Web Based online-examination system, yaitu sebuah software untuk melaksanakan ujian / test bagi siswa ataupun pelamar secara online dengan memanfaatkan komputer yang sudah ada dan dapat digunakan dalam jaringan intranet ataupun dipublish di internet.

Pelaksanaan test secara online menggunakan e-Exam memberikan banyak kelebihan-kelebihan dibandingkan dengan ujian/test konvensional selama ini yang menggunakan kertas.

Manfaat pemakaian e-Exam tsb adalah:

1. Penyingkatan waktu untuk scoring/penilaian bagi penguji

* Pekerjaaan yang paling membutuhkan waktu dan menjenuhkan bagi penguji adalah scoring atau penilaian hasil test. Dalam ujian konvensional, penguji harus melihat dan menilai setiap jawaban dalam setiap soal, untuk seluruh peserta test.
* Anda dapat mengacak urutan soal ataupun mengacak urutan jawaban.
* Anda dapat membuat sendiri grade keberhasilan/ kelulusan dengan format/aturan yang telah anda tentukan.
* Pertanyaan dari setiap soal dapat anda pilih dalam format (true / false, multiple choice, short answer, essay, pertanyaan atau soal yang mempunyai lebih dari satu jawaban).
* Anda dapat memberikan nilai/skor/bobot pada setiap soal-soal (contoh, Soal Bernilai 2 untuk jawaban yang benar, Soal bernilai 0.5 untuk jawaban yang hampir mendekati benar, Soal Bernilai 0 untuk jawaban yang salah) skor/nilai/bobot dapat anda buat sendiri sesuai dengan keinginan anda.
* Format soal dapat berupa Text, memberikan gambar/menempelkan gambar, Formula, Animasi, suara dan video
* e-Exam memiliki fitur autoscoring, yang secara otomatis menghitung hasil test saat itu juga setelah ujian selesai dan menampilkannya secara real-time. Dengan demikian penguji tidak perlu bersusah payah meluangkan banyak waktunya untuk membaca jawaban dan menghitung hasil test setiap peserta.
* Kemudahan management dan database.
* e-Exam memudahkan penguji untuk melihat dan mengatur hasil-hasil ujian selama ini berdarakan username atau group.
* Anda dapat dengan mudah membuat bank soal/kumpulan soal.
* Setiap soal yang berada didalam bank soal dapat digunakan pada setiap subject yang diujikan.
* Hasil dari statistic ujian seluruh siswa disimpan di dalam database sehingga bisa disimpan dalam kurun waktu bertahun-tahun dan ditampilkan kembali sewaktu-waktu jika diperlukan.
* Secara otomatis membuat dan menaruh data yang anda inginkan kedalam report/sertifikat kelulusan/keberhasi lan dalam format PDF.
* Secara otomatis mengirimkan hasil test ke email peserta ujian.
* Paperless.
* Dengan menggunakan e-Exam, maka pelaksanaan ujian bisa menghemat pemakaian kertas. Dalam ujian konvensional biasanya memerlukan kertas yang banyak untuk menggandakan soal ujian. Pemakaian kertas ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit walaupun hanya dipakai hanya sekali dalam satu session ujian. Selain itu, kertas-kertas soal beserta jawabannya tersebut jika disimpan akan memakan ruang yang cukup banyak.
* e-Exam memecahkan masalah tersebut dengan memberikan solusi 'paperless'. Semua soal beserta jawabannya akan disimpan di dalam harddisk, sehingga tidak lagi memerlukan ruangan untuk menyimpan kertas-kertas hasil ujian.

For Online Demo please click link Below, and please register first on that link for online demo :
www.exam.rifki-harahap.com