Kamis, 11 Maret 2010

Tinggalkan Perasaan yang Mengekangmu

Rasakan dan nikmatilah yang ada, karena apapun akan berakhir seperti halnya juqa bermula.

Sikap hidup seperti itu baik sekali, yang membantu mengusir kegelisahan dan dapat membantu meraih keberhasilan dalam hidup secara umum. Sikap seperti itu juga dapat melanggengkan hubungan persahabatan dan kebahagiaan dengan keluarga. Mereka yang berwawasan Was akan dapat memahami kebiasaan manusia, dapat menduga perubahan, dapat memposisikan dirinya di dalam berbagai kondisi, dan dapat memperkirakan keadaan yang samar atau yang jelas.

Tentang kegelisahan, maka orang yang berwawasan Was akan dapat memahami berbagai permasalahan, dan menyadarinya ketika sebelumnya ia ditimpa kegelisahan yang sama, atau ketika gagal mendapatkan keinginannya. la menyadari bahwa inilah hukum kehidupan, dan apa pun yang terjadi dalam kehidupan ini, hadapilah dengan rileks.
Ya, memang sekali waktu orang tidak suka terhadap sesuatu yang sebenarnya memberikan kebaikan untuknya; terkadang ia menyukai sesuatu yang sebenarnya justru akan menyengsarakannya. Ingatlah bahwa kebaikan itu adalah apa yang dipilihkan Allah.

Seseorang yang berwawasan akan sadar bahwa dirinya adalah bagian dari alam yang sangat luas. Ia juga sadar bahwa dirinya juga akan mendapatkan "jatah" penyakit, musibah, kesedihan dan juga kegembiraan. Maka, dia tidak akan kaget dan tidak akan gelisah. Yang jelas, orang yang berwawasan tidak akan merasa terbelenggu oleh belenggu yang dirasakan oleh mereka yang berwawasan sempit, yang merasa bahwa problem dan keburukan hanya menimpa dirinya saja, yang merasa dirinya ditekan dan nasibnya selalu sial. Seorang yang berwawasan luas tidak. akan mc-rasakan seperti itu. Ia sangat paham dengan hukum kehidupan dan menyadari bahwa dirinya adalah bagian dari kehidupan. Ia rela dengan apa pun yang terjadi setelah ia berusaha sekuat tenaga untuk mewujudkan angan dan cita-citanya yang lebih baik.

Sahabat, Berbahagialah sekarang, dan jangan menundanya besok!