Kamis, 11 Maret 2010

Pandanglah Awan Jangan Melihat Tanah

Jadilah engkau seorang yang mempunyai cita-cita yang tinggi. Aku mengharap engkau selalu meningkat (untuk menjadi yang terbaik), selalu dan selalu. Berhati-hatilah dan jangan sampai turun dan terjatuh.

Ketahuilah bahwa kehidupan hanya beberapa menit, bahkan hanya beberapa detik. Jadilah engkau seperti seekor semut dalam kesungguhan, ketekunan, dan kesabaran. Coba dan teruslah engkau mencoba. Bertobatlah jika engkau kembali melakukan dosa, dan kembalilah engkau kepada pintu tobat. Hafalkan kembali al-Quran jika engkau telah lupa. Kembali¬lah engkau mengingatnya untuk yang kedua kalinya dan yang ketiga kalinya... Bahkan untuk yang kesepuluh kalinya. Yang terpenting adalah engkau tidak merasa gagal dan frustasi, sebab sejarah kehidupan tidak pernah mengenal kata akhir; akal tidak mengenal kata selesai, di sana selalu ada upaya dan perbaikan.

Sesungguhnya umur itu seperti tubuh yang mungkin bisa dipercantik dengan operasi. Sesungguhnya umur seperti bangunan: masih memungkinkan untuk direnovasi dan dirom bak dari awal dan diperindah dengan cat dan minyak. Jauhilah sekolah bernama kemalasan dan kegagalan. Hilangkanlah bayangan-bayangan sakit, bencana, musibah, kesulitan dari hatimu.