Selasa, 04 Januari 2011

1 dari 1000 buku

Seandainya ada 1.000 buku yang harus saya pilih satu diantaranya, dan ditumpukan buku tersebut ada Shin Suikoden karya Eiji Yoshikawa, maka saya akan memilih buku Shin Suikoden karya Eiji Yoshikawa.

Mengapa?
Karena ceritanya tentang Suikoden–sebuah buku yang sudah lama saya cari. Selama ini kita hanya tau Suikoden dari komik, grafik novel, video games, drama; yang biasa kita kenal dengan 108 Pendekar dan Batas Air. Dan buku ini ditulis oleh penulis kawakan Eiji Yoshikawa. Untuk menjaga kualitas terjemahannya, buku ini diterjemahkan langsung dari bahasa Jepang oleh Bpk. Jonjon Johana.

Seandainya ada 1.000 buku fantasi, dan saya harus memilih satu yang terbaik diantaranya, maka saya akan memilih serial The Earthsea Cycle karya Ursula K. LeGuin, yang baru terbit dua judul; A Wizard of Earthsea dan The Tombs of Atuan.

Mengapa?
Karena buku ini merupakan salah satu yang menginspirasi JK Rowling dalam membuat konsep sekolah di Harry Potter. Terlebih buku ini merupakan salah satu buku fantasi terbaik sepanjang masa. Kekuatan utama dari buku ini adalah narasi-nya yang begitu indah dan terkadang filisofis–sarat makna. Walaupun pertama kali terbit tahun 1968, buku ini tidak pernah terasa tua dan ketinggalan jaman.

Andaikan buku The Swordless Samurai ada diantara 1.000 buku pengembangan diri, leadership, novel inspiratif, maupun biografi, maka saya akan membaca buku The Swordless Samurai terlebih dahulu.

Mengapa?
Buku ini unik; sebuah buku self enrichment yang ditulis secara bahasa novelik dan model penceritaan autobiografi, sehingga kita seperti berada dalam kehidupan Toyotomi Hideyoshi (yang biasa kita tau melalui buku Taiko karya Eiji Yoshikawa). Buku ini mendapatkan pujian dari Kepala Toko Gramedia Matraman, Pakar Sejarah Jepang, Andy F. Noya, Arvan Pradiansyah, dll

Lalu 1 dari 1000 buku apa yang ada di benak Anda?
Mari budayakan membaca.

Tidak ada komentar: