Kamis, 24 Juli 2008

Selayang Pandang Laboran Microteaching

Laboratorium Micro Teaching adalah fasilitas bagi program pengalaman lapangan yang dilaksanakan di kampus. Ia merupakan bagian integral dari Program Pengalaman Lapangan (PPL) yang memiliki bobot 2 sks. dan ditempuh selama 1 semester. Kegiatannya dititikberatkan pada penyusunan persiapan mengajar tertulis dan penerapannya dalam latihan keterampilan mengajar terbatas dan latihan mengajar terintegrasi sebagai prasyarat Program Pengalaman Lapangan di sekolah (PPL).
Tujuan pengajaran Micro Teaching adalah agar mahasiswa terlatih dalam beberapa keterampilan dasar keguruan, sehingga mereka siap diterjunkan dalam Program Pengalaman Lapangan (PPL) di sekolah. Lebih detail tujuan tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:
(1) Mahasiswa dapat membuat persiapan mengajar dengan baik. (2) Mahasiswa dapat menyampaikan pelajaran dengan sikap dan gaya yang sesuai dengan profesinya. (3) Mahasiswa dapat menggunakan keterampilan mengajar, seperti membuka dan menutup pelajaran, menjelaskan pelajaran, menggunakan variasi pengajaran, serta mempunyai keterampilan bertanya.

Tidak ada komentar: